KADIS DPMPTSP Kota Palopo Hadiri RAKORNAS di Bali

Tanggal 24 Februari 2017 Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tahun 2017 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Tak tanggung-tanggung acara ini dihadiri langsung oleh orang nomor satu d Indonesia Presiden RI Bapak Joko Widodo. Rapat Koordinasi ini juga dihadiri oleh Dinas Penanaman Modal Kota Palopo. 

Sebelumnya BKPM bersama Kementerian Pariwisata mempromosikan potensi investasi di sektor pariwisata dan infrastruktur pendukungnya ke lebih dari 400 investor dan calon investor yang hadir dalam "Regional Investment Forum" (RIF) 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, yang menjadi pembicara utama dalam forum tersebut menyampaikan bahwa sektor pariwisata adalah alat yang paling murah dan mudah bagi pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendapatkan devisa asing serta menciptakan lapangan kerja.

Ia mengemukakan, pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia pada tahun 2015 jauh di atas pertumbuhan pariwisata di ASEAN dan dunia.

"Secara umum sektor pariwisata tumbuh 10,3 persen, di atas ASEAN yang tumbuh 5,1 persen dan dunia di level 4,4 persen," jelasnya.

Ada pun terkait infrastruktur pendukung, infrastruktur dasar, yang juga dikenal dengan JALI yaitu jalan, air, listrik dan internet, saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar.

"Investasi JALI itu menjadi tugas pemerintah. Yang mengisi dan menghidupkan kawasan dengan amenitas itu, harus menggerakkan `private sector` (sektor swasta)," katanya.

Sementara itu, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan pentingnya sinergi aparat penanaman modal di pusat dan daerah guna mendukung target investasi pada 2017 sebesar Rp678,8 triliun dan 2018 sebesar Rp863 triliun.

Karena itu, BKPM akan menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) pada pekan ketiga bulan ini.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong, Senin (6/2), mengatakan rakornas tersebut mempunyai agenda untuk mendorong implementasi hasil rapat terbatas tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di mana perlu koordinasi yang lebih intensif dengan pemerintah daerah.

“Internal BKPM juga saat ini sedang menggodok rencana restrukturasi organisasi di BKPM untuk mendukung hubungan koordinasi yang lebih erat dengan daerah,” ujarnya.

Tom, sapaan akrabnya, juga menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk semakin mengoptimalkan layanan investasi bagi investor.

“Rencananya akan ada kerja sama antara BKPM dengan Kementerian Dalam Negeri terutama terkait dengan penggunaan data kependudukan dalam layanan investasi yang diberikan oleh BKPM,” imbuhnya.

Koordinasi pusat dengan daerah masih menjadi salah satu bagian yang perlu diperkuat untuk meningkatkan layanan kepada investor.

Menurut Tom, layanan investasi tiga jam di PTSP Pusat, misalnya, akan sia-sia jika kemudian pengurusan izin di daerah masih membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Mantan Menteri Perdagangan tersebut juga menambahkan bahwa rakornas akan menjadi forum bersama antara daerah dan pusat yang membahas segala hal yang diperlukan untuk mendukung pencapaian target investasi nasional.

Hal itu mencakup sisi perencanaan, promosi, pelayanan, kerja sama serta pengendalian dan pelaksanaan nasional.

“Saya inginnya tidak hanya ketemu-ketemu saja, harus ada hasil yang konkret dari rakornas tersebut,” ucapnya, menegaskan.

Kegiatan rakornas tersebut akan digelar berturut-turut dengan dengan kegiatan dua kegiatan BKPM lainnya, yakni Peluncuran Perluasan Implementasi Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) serta Regional Investment Forum (RIF), forum bisnis yang akan mengundang investor baik asing maupun domestik.

 

Admin - DK

Komentar

BHW
10 April 2017 - 23:59:22 WIB
Hmm it seems like your website ate my first comment (it was super long) so I guess I'll just sum it up what I had written and say, I'm thoroughly
enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer but I'm
still new to everything. Do you have any helpful hints for first-time blog writers?
I'd definitely appreciate it.
BHW
16 April 2017 - 08:16:26 WIB
It's a shame you don't have a donate button! I'd without a doubt donate
to this superb blog! I guess for now i'll settle for bookmarking and
adding your RSS feed to my Google account. I look forward to new updates and will
talk about this blog with my Facebook group. Talk soon!
08 Juni 2017 - 09:48:31 WIB
Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wished
to say that I have really enjoyed browsing your blog posts.

After all I will be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!
12 Juni 2017 - 15:35:25 WIB
This site was... how do I say it? Relevant!!

Finally I have found something which helped me.
Kudos!
Tinggalkan Komentar