Konsultasi Perda Penanaman Modal, DPRD Palopo Kunjungan ke Pemkot Tangsel dan BKPM

DPRD Palopo melakukan kunjungan ke Pemkot Tangerang Selatan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI dalam rangka konsultasi penyusunan Perda Penanaman Modal, 9-10 Maret 2017. Anggota DPRD dipimpin Ketua Pansus Abdul Rauf Rahim bersama Wakil Ketua DPRD Palopo Islamuddin, SIP. Turut serta pada kunjungan ini sejumlah Kepala Bidang dan Kepala Seksi dari DPMPTSP Kota Palopo, antara lain Kepala Bidang Wasdal Asnan Salam, Kepala Bidang Perencanaan Muslimin, Kepala Bidang Promosi Patangari Kadir.

“Tangerang Selatan dipilih menjadi salah satu perbandingan oleh karena Tangsel mempunyai banyak kemiripan dengan Kota Palopo.  Selain luas wilayah, Tangsel juga menjadi salah satu pilihan investasi diluar Jakarta. Selain itu Tangsel juga adalah salah satu kota yang telah mempunyai Perda Penanaman Modal”, kata Rauf Rahim.

Dalam kunjungan ini Pemkot Palopo diterima oleh Asisten Bidang Perekonomian, Kepala DPMPTSP, dan sejumlah pejabat lingkup DPMPTSP Kota Tangerang Selatan. Dalam pemaparannya Pemkot Tangsel menguraikan bahwa Tangsel adalah salah satu daerah yang menjadi alternative pembangunan di luar Jakarta. Oleh karena itu Tangsel harus bisa merumuskan kebijakan yang pro investasi tapi juga pro lingkungan. Itu pula sebabnya, dalam Perda Penanaman Modal, salah satu poin krusial adalah Penataan Ruang. Tangsel memngoptimalkan peran Badan koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) menyikapi masuknya setiap investasi.

Sementara itu, dalam kunjungannya yang diterima langsung oleh Direktur Pengembangan Potensi Daerah BKPM-RI, Pemkot mendapat penjelasan tentang pentingnya membangun iklim investasi yang nyaman bagi investror. Oleh karena itu, dalam regulasi daerah harus memuat tentang jenis kemudahan investasi, kejelasan perizinan, dan insentif yang dapat diberikan kepada investor  dengan tidak mengabaikan aspek-aspek yang menjadi kewajiban investor. Daerah juga sedapat mungkin menghapuskan segala jenis regulasi yang masih menghambat atau mempersulit investasi.

 

 

Komentar

14 Maret 2017 - 11:14:54 WIB
Mari raih keuntungan dan manfaat berinvestasi di Palopo.....
Tinggalkan Komentar