Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H  |  DPMPTSP Palopo laksanakan Layanan Ekstra Prima  |  Produk Andalan Pelayanan Akhir Pekan Ditiadakan Selama Bulan Ramadhan  |  Undangan Pelatihan Services Excellence PTSP  |  Mekanisme Gerai PTSP dengan Aplikasi SIMAP  |  PEMBERITAHUAN UNTUK PEMEGANG SURAT IZIN API-U DAN API - P SEGERA MELAKUKAN PERUBAHAN API-U DAN API-  |  Pengunduran Jadwal Pelatihan SIMAP Online  |  Prosedur dan Mekanisme Layanan UPT Pelayanan Perizinan Terpadu  |  Pengumuman Permohonan Izin Lingkungan PT Huadi Nickel Alloy Indonesia

DPMPTSP “Launching” Proses Perizinan Satu Hari

Senin, 02 April 2018 saat menggelar apel pagi, Kepala DPMPTSP Farid Kasim Js (FKJ) menyampaikan keinginannya untuk mewujudkan perizinan yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 hari untuk perizinan paralel seperti SITU, SIUP dan TDP. FKJ mengambil keputusan ini sehari setelah mengikuti kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Perusahaan Online (SIPO) di Bandung dan juga berdasarkan penyampaian Bapak Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya percepatan pemrosesan izin. “Hari ini kita akan coba praktekkan pemrosesan izin 1 hari dan kalau berhasil hari ini juga kita langsung terapkan. Saya akan turun langsung melakukan monitoring proses dan mengevaluasi permasalahan penyelenggaraan Izin, dan setelah itu, SITU, SIUP, dan TDP tidak boleh lagi lebih dari satu hari. Sebisa mungkin, pemohon tak perlu keluar dari ruangan ini sampai izinnya selesai”, tegas Farid Kasim Js yang biasa disapa FKJ kepada Tim Teknis dan FO. “Kasihan masyarakat kalau harus datang lagi menjemput izinnya di hari berikutnya. Izinnya memang sudah gratis, tapi kan berarti harus keluar ongkos transportasi lagi,” tambahnya.

Setelah arahan disampaikan, tak tanggung-tanggung, satu persatu petugas pelayanan mulai dari front office dan Back Office dimintai keterangan oleh FKJ untuk mencari tahu hambatan dalam pemrosesan izin sekaligus memberikan dorongan semangat untuk melaksanakan pemrosesan sesuai yang sudah direncanakan saat apel pagi tadi. Pada kesempatan tersebut, FKJ juga mengumpulkan pejabat struktural untuk terlibat langsung dalam memastikan seluruh proses berlangsung dengan cepat. “Seluruh Kepala Bidang dan Kepala Seksi harus mendampingi staf untuk memastikan seluruh proses berjalan tanpa kendala,” tegasnya.

Selang beberapa waktu FKJ meminta perkembangan pemrosesan dan ternyata ada Permohonan Izin yang diproses dalam waktu kurang lebih 1 Jam saja dan sekaligus tuntas diantarkan langsung kepada pemohon melalui Layanan Jemput Antar (JA) Perizinan, melihat hal itu FKJ langsung meminta agar pemrosesan ini dapat diterapkan hari ini juga dan menyampaikan kepada Pejabat Struktural, Petugas Front Office (FO), Petugas Back Office (BO), Tim Teknis, dan Staf agar pemrosesan ini terus berjalan. “saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua teman-teman karena telah mendukung dan membantu saya mewujudkan perizinan satu hari ini, saya sempat kaget dengan hasilnya, ternyata kami mampu mewujudkannya dan saya meminta agar mulai hari ini pemrosesan seperti ini terus kita pertahankan agar masyarakat bisa menikmati proses perizinan yang cepat ini” tutup FKJ.

 

*King.

Video Testimoni kepuasan pemohon terhadap proses perizinan yang baru :

 

Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar