Selamat Datang di Website Resmi DPMPTSP Kota Palopo  |  DPMPTSP Palopo laksanakan Layanan Ekstra Prima  |  Produk Andalan Pelayanan Akhir Pekan Ditiadakan Selama Bulan Ramadhan  |  Undangan Pelatihan Services Excellence PTSP  |  Mekanisme Gerai PTSP dengan Aplikasi SIMAP  |  PEMBERITAHUAN UNTUK PEMEGANG SURAT IZIN API-U DAN API - P SEGERA MELAKUKAN PERUBAHAN API-U DAN API-  |  Pengunduran Jadwal Pelatihan SIMAP Online  |  Prosedur dan Mekanisme Layanan UPT Pelayanan Perizinan Terpadu  |  Pengumuman Permohonan Izin Lingkungan PT Huadi Nickel Alloy Indonesia  |  Ramah Investasi, PAD Meningkat !

DPMPTSP KOTA PALOPO LAKSANAKAN SEMINAR RUPM

“Persaingan ekonomi global yang semakin ketat saat ini menempatkan kebijakan penanaman modal menjadi strategis untuk menciptakan daya saing perekonomian nasional maupun daerah. Untuk menciptakan daya saing yang berkelanjutan, diperlukan komitmen untuk terus menerus meningkatkan iklim investasi yang kondusif. Salah satunya adalah dengan kemampuan daerah untuk menjadikan keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan perencanaan penanaman modal yang jkelas dalam jangka panjang”, demikan dikatakan Bapak DR. Mursal Manaf, MT, Ketua Tim penyusunan Rencana Umum Penanaman Modal Kota Palopo yang juga adalah Dosen Perencanaan Wilayah di beberapa PT di Makassar, pada kegiatan Seminar RUPM di Auditorium Saokutae, Palopo, Kamis – 22/11/2018.

Kegiatan yang dibukan oleh Wakil Walikota, Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si, dihadiri oleh OPD se Kota Palopo, Ketua BMPD Kota Palopo, Pelaku Usaha, Organisasi Profesi, dan masyarakat umum. Dalam sambutannya, Bapak RMB, panggilan akrab Wakil Walikota, memberikan apresiasi atas kegiatan seminar ini. RMB berharap RUPM ini nantinya memberikan arah yang jelas bagi upaya penanaman modal di Kota Palopo. Selain itu, beliau juga berharap upaya-upaya untuk mempermudah investasi dapat diuraikan secara jelas dalam RUPM.

Sementara itu, kepala Dinas DPMPTSP, Bapak Farid Kasim Judas, SH. M.Si, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya seminar RUPM ini adalah selain sebagai bahan laporan kepada publik mengenai hasil sementara penyusunan RUPM, juga diharapkan mendapatkan tanggapan dan masukan, baik dari OPD maupun dari publik. “dengan adanya seminar ini, diharpan terjadi sinkronisasi dokumen-dokumen perencanaan lintas sektor yang dapat saling mendukung dan saling melengkapi.

FKJ, panggilan lain Kepala Dinas DPMPTSP ini lebih jauh menjelaskan bahwa RUPM yang disusun saat ini, meskipun terlambat, tapi Insya Allah akan menjadi dokumen yang sangat dibutuhkan untuk memandu kegiatan investasi di Kota Palopo. “Dokumen ini menarik, karena isinya nanti Insya Allah akan memudahkan investor untuk memonitor sektor-sektor yang profitable. Tim penyusun kami akan menambahkan materi lebih pada dokumen ini yang memungkinkan kita melakukan perhitungan ekonomi secara lebih mudah berdasar data-data yang disajikan terhadap objek investasi,” papar FKJ dalam laporannya.

Seminar yang berlangsung dinamis ini mendapat tanggapan dari peserta seminar, antara lain kepala BPD Sulselbar yang secara terbuka menyatakan menyiapkan dukungan bagi pemerintah Kota Palopo untuk memudahkan Investasi. Tanggapan juga dilontarkan oleh Sekretaris Dinas Perikanan dan kepala Bidang Tata Ruang yang berharap agar-agar dokumen RUPM ini dapat disinkronkan dengan dokumen RTRW dan Dokumen RPJMD Kota Palopo. Beberapa Camat juga mengajukan usulan agar peran pemerintah kecamatan dan keluaran dapat dioptimalkan untuk mendukung akselerasi penanaman modal di Kota Palopo.

dpmptsp/kg-rdyk

Komentar

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar